Tips Jalan-jalan Ke Bangkok #1

Wat_Arun.jpg

Berhubung teman lama ada yang tanya via email tentang info Bangkok, dan nulis lewat email yahoo sempit box-nya, akhirnya saya putuskan untuk nulisnya di momento ini saja. Sekalian nostalgila gitu masa pacaran di Bangkok sama istri..hehehe

HOTEL
Untuk yang murah meriah ala backpacker, coba booking ke hotel Sams Lodge ini.
Murah, di tengah kota, terus deket banget sama BTS (sky train) station juga deket ama MRT station (disitu pas interchange station sih). Itu juga deket dengan daerah sukhumvit road, daerah yang asyik juga buat jalan2. Penuh dengan bule juga.

TRANSPORTASI

a. BTS Sky Train & MRT

bts01.jpg

Untuk keliling2 Bangkok, paling enak naik BTS sky train atau MRT. At least coba aja naik satu atau dua stasiun..hehehe..keren kok buat foto2..hihihi. Untuk cek jalur keretanya, liat di sini.

b. Taxi
Naik taxi juga murah di Bangkok. Cari aja yang di jendelanya ada tulisan: ‘I Love Farang’ (I Love Foreigner). Biasanya supirnya bisa bahasa English walaupun gak lancar2 banget. Taxi yang kosong di dashboard depan supirnya ada tulisan Thai yang kalo sekilas dibaca mirip2 ‘uin’ (baht) yang kalo nyala tulisannya artinya taxi kosong. Taxi di Bangkok juga macem2, ada yang pake meter dan ada juga yang main tembak. Kalau dia gak mau pake meter, turun aja. Taksi banyak kok (kecuali kalo kepepet karena macet dan ujan, suka pada gak mau taksinya).

c. Tuk Tuk

tuktuk.jpg

Saya sih gak terlalu recommended naik Tuk Tuk ini. Cuman ya namanya turis, pasti pengen coba. Tuk Tuk ini kendaraan yang mirip2 ama Bajaj, tapi terbuka (awas masuk angin, soalnya supir Tuk Tuk kebiasaan ngebut). Biasanya supirnya bakal nawar2in keliling kota murah, tapi jangan mau paket itu, karena ujung2nya bakal dibawa ke Tailor atau fake jewelry shop gitu. Hati2 di sekitar fake jewelry shop, sering banyak tourist scam alias tipu2.
Kalau mau cobain Tuk-tuk ini, mendingan naik untuk ke tujuan yang jelas atau pasti aja, dan jangan lupa tawar semurah2nya..hehehe

d. Boat Taxi di sungai Chao Phraya
Ini jangan dilewatin untuk dicoba. Apalagi rutenya ngelewatin temple-temple yang beken di Bangkok.

SHOPPING
Topik yang paling disenengin kaum wanita, dan Bangkok adalah salah satu surga shopping buat mereka. Kaum pria, siapin aja dompet plus credit cardnya..psstt..buat kaum pria Bangkok juga asyik buat cuci mata kok, walau pun yang cantik2 di sana belum tentu 100% wanita tulen..hahaha. Para cowok, silakan refer ke posting saya yang ini.

a. MBK (Mah Boon Krong) Plaza

mbk.jpg

Ini tempat beken dan murah untuk belanja. Siapin aja uang yang banyak…hihihi
How to get there:

- BTS: Naik BTS ke arah stasiun SIAM, trus ganti kereta naik yang arah ke NATIONAL STADIUM, turun di stasiun NATIONAL STADIUM itu (dulu sih itu stasiun terakhir, gak tau juga sekarang gimana). Pas di stasiun itu, udah keliatan deh tulisan gede MBK. Belanjanya jangan di toko yang mentereng ya..di toko2 yang kecil aja. Biasanya sih saya belanja di sekitar lantai 1 atau lantai 5 (selantai dengan food court). Puasi2in deh belanjanya.

- Naik Taxi ke MBK langsung..hehehe..

b. Chatuchak Weekend Market

chatuchak01.jpg

Nah, ini jangan dilewatkan. A must. Buka di hari sabtu dan minggu. Naik BTS dan turun di stasiun MO CHIT. Ikutin aja orang2 ramenya jalan kemana..pasti pada ke Chatuchak weekend market itu. hehehe.kalau gak ya tanya aja ama petugas BTS deket situ.
Kalau mau naik MRT, bisa juga, turun di stasiun KAMPHAENG PHET, begitu muncul dari bawah tanah, langsung deh di tengah2 Chatuchak-nya. Lebih praktis sih gak perlu jalan. Lumayan hemat tenaga, karena dijamin satu hari juga gak abis itu liat2 chatuchak. hehehe..selamat berpegel ria kakinya… :)

c. Pratunam Plaza
Deket juga sama Panthip Plaza, tempat murah untuk elektronik. Saya gak terlalu sering ke Pratunam sih, tapi harganya juga lumayan murah2. Biasanya sih kalo udah ke MBK uang saya udah abis..hihihi

MAKANAN HALAL
Di Thailand untungnya banyak makanan seafood, jadi pasti halalnya untuk sea food.

a. Di MBK Plaza foodcourt lantai 5
Di situ ada vegetarian counter, Indian food dan Middle east food macam kebab gitu. Yang harus dicoba disitu ada PadThai Kung (Mie Thailand goreng pake udang), Hoy Thod (Kerang goreng telor tepung), trus nasi ayam alias Gao Man Gai (kayak nasi uduk plus ayam goreng atau rebus gitu). Kalau gak salah ada counter yang pasang tulisan moslem food atau tulisan arab Allah dan Muhammad gitu juga.

Foodcourtnya ada 2 sih, seinget saya yang ada halalnya itu yang foodcourtnya deketan ama BBQ (restaurant gambar atau patung naga ijo lucu). Beli kupon dulu untuk bayar2 makanan di foodcourt itu. Biasanya sih makan ama minum sekitar 100 baht alias sekitar 25 ribuan rupiah per orang.

b. Foodcourt Siam Paragon
Di BTS station SIAM, di situ ada Siam Paragon. Buat foto2 sih keren, tapi gak asyik di kantong buat belanjanya..mahal banget..hehehe
Di lantai paling bawah banget, ada foodcourtnya. Seperti biasa, beli kupon dulu (bentuk card plastik gitu).

c. Restaurant muslim MAK YAH di daerah RATCHATEVI
Deket sebenernya dengan BTS Station RATCHATEVI. Tinggal jalan dikit. Tanya aja ke arah masjid gitu. Alamatnya di jalan PETCHBURI SOI 7.

d. Kedai2 makanan muslim deket masjid di daerah Petchburi
Daerah Petchburi itu daerah muslim sebenernya. Kalau mau lebih murah lagi, jalan dikit dari Mak Yah, atau tanya aja ke pegawai Mak Yah arah ke Masjid (bisa buat Shalat Jumat juga buat yang laki2). Di deket masjid itu banyak kedai2 makanan orang muslim. Murah, meriah tapi gak pake sakit perut (paling2 kekenyangan karena nambah sih..hehehe).

e. Kebab paling enak se-Bangkok (kata saya sih)
Kalau bener tinggal di Sams Lodge itu, naik BTS atau jalan kaki ke arah stasiun NANA. Trus, jalan dikit cari SOI 5 (Soi itu istilah untuk gang disana). Pas di pengkolan, deket salon baju anjing (di kacanya banyak tempelan gambar foto anjing pake baju), ada counter kecil kebab. Yang jualnya muslim turunan Bangladesh (agak gelap gitu kulitnya). Bisa pilih yang ayam atau sapi. Saya sih prefer yang sapi. Enak. Pesen yang banyak. Saya juga mau pesen 2 yang pedes banget. Hehehe..

f. The Best PadThai in Town at Thong Lo area
Nah, ini rada susah carinya. Tapi untuk kesana naik BTS turun di stasiun THONG LO, trus jalan dikit di jalan gedenya. Kalau gak salah saya pernah motret tempatnya, tapi perlu diobrak-abrik dulu koleksinya. Kalau ketemu, nanti saya upload disini.

Untuk sementara, saya ambilkan peta lokasinya dari google map dulu ya..

thonglopadthai.png

Tempatnya gampang dicari kok sebenernya. Jalan kaki dari BTS Thong Lo ke arah Sukhumvit 55 itu, selepas penjual buah2an dan bunga2an, nanti keliatan wajan besar dan orangnya lagi sibuk masak padthai disitu (restoran padthai pertama ketemu kalo jalan kaki dari BTS). Clue lainnya, di dindingnya ada cuplikan atau kliping dari koran tentang restoran ini. Sllrpp..jadi pengen kesana lagi..hehehe

g. Bakso kuah atau Bakso bakar pake gerobak dorong
Ini kalo beruntung ya, di pinggir jalan suka ada yang beginian. Jangan lupa pastiin dulu di kacanya ada tulisan arab Allah atau Muhammad gitu.

JALAN-JALAN
Ini dia topik yang paling panjang untuk diulas. Panjang listnya, tapi saya coba tulis lokasi2 yang terhitung sebagai lokasi yang wajib dikunjungi. Untuk guidance awal, sebaiknya coba mampir ke Money Changer di sekitar kita tinggal. Biasanya disitu banyak booklet2 gratis tentang tempat wisata di Thailand, plus iklan2 panti pijat yang bejibun dan gak karuan gambarnya (adult only). Tapi jangan terlena dengan gambar2nya ya, dicatat aja tempat2 wisata yang pengen dikunjungi…hehehe

Dan…untuk topik jalan-jalan ini, dengan berat hati saya nyatakan..kita lanjutkan ke Tips Jalan-jalan Ke Bangkok di bagian 2..hihihi. Capek juga rasanya udah ketak-ketik panjang gini. Lumayan juga, sekuel kan bikin customer balik lagi ke momento ini..hihihi :P

Sambil nunggu bagian 2, bagi para alumni Bangkok-ers, silakan kirim usulan ke saya untuk ulasan tempat2 buat jalan2nya ya. Insya Allah nanti saya muat ulasannya di bagian 2. Jer gun alias See you in the next part!

This entry was posted in Uncategorized by ayah. Bookmark the permalink.

18 thoughts on “Tips Jalan-jalan Ke Bangkok #1

  1. MAS DAN MBAK SAYA MAU JALAN2 SELAMA 1 MINGGU DI BANGKOK. MINTA SARAN2NYA DONC….ISTILAHNYA HOTEL YG BISA JEMPUT AKU DARI AIRPORT ATAU TEMPAT2 MENARIK LAINNYA.. TERUS BERAPA FISKALNYA ?
    @: flwlys@gmail.com
    MAKASIH BANYAK DAN BRAVO UNTUK INFO2NYA

  2. fyi – kl di Bangkok ga pake bayar fiskal segala. Kalo ga salah cuma bayar airport tax 500 Baht utk balik ke jkt. Pokoknya ga salah deh jalan2x ke Bangkok, nikmati suasana pasar malamnya.
    recommended places to shop:
    - Suan Loam Night Bazaar (naik MRT/subway turun di Lumpini)
    - MBK –> naik skytrain turun di national stadion
    - Chatucak
    - Pratunam market –> Recommended, Paling murah, jam 6 sore sdh mulai tutup
    - Platinum (deket Pratunam) –> Paling murah –> Highly recommended –> jam 6 sore dah mulai tutup
    - Chinawat boutique di JL. Rama 4 (boutique punya ex.PM Thaksin)–> utk beli High Quality Thai Silk dgn harga yg dibawah Jim Thompson boutique.
    - Street Market sepanjang jl Sukhumvit. Dr mulai stasiun Asok s/d stasiun Chitlom —> sampai kaki pegel2x

    Gue dah bolak-balik ke Bangkok tapi ga pernah bosen, selalu ada excitement-nya. Btw….skrg gw jg lg di Bangkok nih…(br plg belanja dr Platinum & Pratunam) ….he..he..he…..:)

    Enjoy the day & Shop till you Drop buddy…

    - Rahmad -

  3. Oya, ada yg lupa.
    Kalo dr airport jangan pake hotel limosine (hotel pickup).
    Biasanya di charge sekitar 1200 Baht.
    Better, naik taxi meter biasa aja, paling-paling dari airport ke hotel di sekitar Sukhumvit cuma bayar 400 Baht (termasuk bayar tol).
    ” Hv a nice shopping”

  4. @Rahmad: wow..lengkap sekali infonya Mas Rahmad. Infonya berharga banget nih..ada tempat2 yang belum saya tau. Siip..Terima kasih sekali Mas Rahmad. Salam hangat selalu :)

  5. @Elys Hefa: Fiskal maksudnya uang fiskal untuk keluar dari Indonesia kah? Fiskal hanya ada di Indonesia Mbak (saya juga sedih nih Mbak kalo keluar dari Indonesia mesti bayar fiskal), dan besarnya 1 juta rupiah. Kalau sudah keluar dari Indonesia, yang ada biasanya Airport Tax Mbak, dan di Thailand besarnya 500 baht (biasanya kita bisa beli tiket yang sudah include airport tax ini dari Indonesia).

    Untuk taxi, seperti saran dari Mas Rahmad, naik aja taksi meter. Counter dan biayanya resmi kok, bukan asal cegat pinggir jalan gitu. Yang jelas, biayanya lebih murah daripada taksi limusin dari airport. Have a good time in Bangkok ya!

  6. Wah wah wah ok banget nih infonya. Tiap keluar dari indonesia saya bayar fiskal dulu ke Europe saya bayar fiskal 1 juta untuk tinggalin negara sandiri mana visanya mahal banget. Jadi ke bangkok sama juga yah fiskal 1 juta terus kalo tinggalin bangkok harus bayar lagi itu yang namanya tax. Saya niatnya pake Airasia pulang balik yang including ama tax moga2 tak ada kejutan dech.
    Oh ya program saya 2 hari di Bangkok, 2 hari di Phuket and 2 hari di Pataya kira2 kalo mas and mbak tahu daerah2 menarik share donc…..liburan saya rencananya tgl 23 nof till 30 dec kira2 lagi rameh kagak.
    Pleaaaaaaaase kasih info2nya dong istilahnya hotel yang murah meriah and aman, nyonyanya yg kagak judes he….he…tempat shoping yg kayak blok m di phuket or pataya (yg murah sampai yg mahal)dls…..dls….dls…

    Salam hangat

  7. Yasin, lagi sibuk yah?
    dah gak sabar nunggu lanjutan tips2nya..
    yah, meskipun msh lama, tapi boleh dong baca2 dari sekarang hihihi…
    salam buat renit

  8. hi mas Rahmad n Ayah aku minta info jalan2 ke Thailand dunk specially bangkok terus tips mesti pake pswt apa ampe perkiraan biaya transport n tinggal disana sekitar 3-5 hari sekalian honey moon yg belum terwujud…
    aku juga rencananya pgn sekalian cari2 kaos unik disana ma baju2 gitu pengennya buat jualan kecil2an buat istri g…
    kira2 nyari nya dimana aku tgg infonya ya mas thx berat…

  9. mas ..
    makasi banyak infonya.amat sangat bermanfaat bagi saya yg buta bgt dg BKK.mas,
    rencana saya dan keluarga tgl 10-14 maret 2011 rencana jalan ke bangkok.setelah baca2 info d internet saya pengen stay d sukhumvit.dari bandara ke sukhumvit sekitar 30 menit ya mas?dan menurut mas mending saya naik taksi ke hotel? apa ada BTS/MRT dr bandara ke sukhumvit? menurut mas sukhumvit itu tempat yg strategis utk jalan ke grand palace,dan chatuchak dan sekitar nya? kemudian klo mau ke pattaya dr sukhumvit naik apa dan brp lama waktu yg di butuhin.satu lagi mas klo dari sukhumvit mau ke wisata sungai sebaiknya ke daerah mana ya mas?dan naik transportasi apa?makasi banyak.

  10. info nya di sini berguna bgt nih:)..tks bgt, btw saya rencana akan menginap di asia hotel yg berhubungan lgsung dgn bts rachatewi , katanya restaurant mak yah dekat situ kan? tau ga buka nya sampai jam brapa? harga nya katanya agak mahal dari resto muslim yang laen? kira2 berkisar berapaan yah mas?. terus menurut mas taxi fare nya dari pratunam ke makassan station kira2 berapa? mengingat sebelum ke bandara mau ke pratunam dulu pastinya bawa2 koper dan anak kecil 1 dewasa 4 mending naik taxi ke maakassan station trus naik city line ke bandara atau sekalian aja naik taxi ke bandara? mohon info pngalamannya yah..tks B4:)

  11. Tempat selanjutnya yang gue datangin itu Wat Pho yang terkenal dengan Reclining Buddha-nya (ituloh patung emas Buddha tidur yang gede banget). Dari Grand Palace ke Wat Pho bisa aja sih naik taksi atau tuk-tuk, tapi gue lebih memilih jalan kaki, mungkin sekitar 20 menitan lewat pinggiran sungai chao phraya yang terkenal itu. Di sepanjang jalannya ada semacam pasar loak yang ngejual macem-macem barang langka, kayak koin thai, sampe sepatu dan tukang makanan juga ada. Dijamin gak terasa deh jalan kaki dari Grand Palace ke Wat Pho. Tiket masuk untuk Wat Pho sendiri itu 100 bath, dapet free mineral water pulak. Buat masuk ke ruangan dimana Reclining Budhha itu ada kita harus ngelepas alas kaki ( disediakan tas kain buat bawa alas kaki kita) dan harus berpakaian sopan (lagi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>